Latest Post

Strategi COC untuk Pemula Dan Trick

Memainkan game clash of clans tidak hanya sekedar klik sana klik sini atau serang sana serang sini atau sekedar bangun ini dan itu. Tetapi dalam memainkan game COC memerlukan strategi yang jitu bagaimana mendapatkan Gold dan Elixir dan bagaimana bertahan dari serangan lawan dan bagaimana melindungi Gold dan Elixir dan kapan saat menyerang yang tepat.
Pada tahap awal memainkan game coc kita akan dihadapkan beberapa masalah untuk bisa mengembangkan perkampungan kita, Misalnya ketersediaan Gold dan Elixir, Ketersedian Builder (pekerja), sedikitnya pasukan yang bisa kita buat , minimnya pertahanan dan sedikitnya Barack sehingga lebih lama dalam membuat pasukan. Hal-hal diatas membuat kita memerlukan sebuah Strategi untuk memainkan COC. Berikut Strategi COC untuk Pemula yang perlu diperhatikan.
Jadwalkan Builder Anda untuk Bekerja
Ketersediaan Builder yang sedikit tentu saja membuat banyak antrian untuk bangun dan di upgrade. Belum lagi ketersediaan Gold dan Elixir yang menipis, Untuk itu kita harus menjadwalkan dan menata apa saja yang harus dikerjakan. Utamakan Builder anda untuk Upgrade Storage Gold dan Elixir, Anda harus tahu kapan Builder anda selesai melakukan tugasnya. Jika sudah demikian maka siapkan Gold dan Elixir untuk pekerjaan berikutnya. Setelah Upgrade Storage selanjutnya adalah pertahanan, upgrade satu persatu, demikian juga Army Camp dan Barack.
Tabung Gems Anda untuk Membeli Builder
Terkadang kita tidak sabar menunggu Builder bekerja, ketika Gold dan Elixir melimpah, tetapi tidak ada Builder yang nganggur untuk bisa melakukan upgrade.  Kondisi ini terkadang membuat kita tidak sabaran agar Builder selesai bekerja. Dengan Enteng tangan kita mengklik “Finish Now” agar pekerjaan selesai dan tabungan Gems kitapun melayang.
Strategi Coc untuk pemula
Yang semestinya Gems tersebut kita tabung untuk membeli Builder yang ketiga seharga 500 Gems.
Harga Builder - strategi coc
Perlu anda ketahui bahwa harga Builder berbeda dan bertambah mahal seiring dengan jumlah builder yang anda miliki. Untuk membeli builder ke-3 anda memerlukan 500 gems, builder ke-4 1000 gems dan builder ke-5 anda harus menyediakan 2000 gems.
Menyeranglah Ketika Shield tidak Aktif
Ketika pertama kali memainkan game COC, anda akan mendapatkan perlindungan selama 3 hari, di masa itu bisa anda gunakan untuk membangun dan upgrade. Di layar game anda akan tertera sampai kapan shield anda akan aktif seperti gambar dibawah ini.
Shield Aktif
Seperti yang saya tandai dengan kotak merah, itu berarti Shield atau masa perlindungan coc saya tinggal 3 jam lebih, Dalam masa ini base saya tidak akan bisa diserang. Dan pada masa ini sebaiknya kita siapkan pasukan agar ketika Shield kita aktif kita bisa langsung menyerang. Atau anda bisa gunakan masa ini untuk menyerang di Single Player,
strategi coc single player
Kita akan mendapatkan Gold dan Elixir ketika kita mampu menghancurkan base di single player, Setiap tingkatan akan mendapatkan hasil gold dan elixir yang berbeda, semakin kebawah nilai Gold dan Elixir yang didapat akan semakin besar. Dan dalam penyerangan di single player tidak ada batasan waktu.
Lindungi Gold dan Elixir
Sebagian orang mementingkan melindungi TownHall mereka daripada Gold dan Elixir Storage mereka yang penuh. Kalo saya pribadi lebih baik melindungi Gold dan Elixir dan membiarkan TownHall berada diluar pagar. Jika pasukan kita sudah siap maka Tropi akan sangat mudah dicari. Pagari base anda dan tempatkan Gold dan Elixir anda ditempat yang susah dijangkau oleh musuh. Posisikan kemanan disekitarnya agar tidak mudah dihancurkan.
Produksi Pasukan Ketika Akan Menyerang
Sebelum anda menyerang dengan pasukan penuh, produksi lagi pasukan anda di Barack. Jika Army Camp anda sudah penuh, pasukan tersebut akan antri dan akan diproduksi ketika anda sedang menyerang. Nah ketika anda sudah selesai menyerang, kemungkinan pasukan anda di Army Camp sudah bertambah dan penuh, jadi anda tidak perlu menunggu lama untuk melakukan penyerangan lagi.
stategi menyerang coc
Optimalkan Pasukan
Dalam menyerang untuk mencari Gold dan Elixir tidak perlu membawa pasukan lengkap atau pasukan yang bisa dibilang pasukan berat. Bawa aja pasukan seperlunya, misalnya Barbar dan Archer saja, atau full barbar atau kombinasi dengan Goblin. Bawalah pasukan yang cepat pembuatannya sehingga frekwensi anda dalam menyerang lebih banyak sehingga Gold dan Elixir cepat terkumpul.
Dalam memilih lawan, pilihlah lawan yang tidak terlalu kuat, Stok Gold dan Elixir melimpah tetapi terlihat di Storagenya kosong. Itu menandakan bahwa Gold dan Elixir masih menumpuk di Gold Mine dan Elixir Collector. Jadi anda hanya cukup menyerang Gold mine dan Elixir Collectornya saja, tidak perlu menusuk ke dalam pertahanan. Karena biasanya kebanyakan Gold Mine dan Elixir Collector berada di luar pagar.
Misalnya seperti gambar dibawah ini, kita harus sabar mencari kriteria lawan yang mudah diambil Gold dan Elixirnya sehingga pasukan yang kita bawa lebih optimal dan mendapatkan hasil yang maksimal.
cara-serang-coc
Coba lihat gambar diatas, terlihat Gold Storage kosong tetapi persediaan Gold dan Elixir berlimpah, itu berarti Gold dan Elixir masih tersimpan di Gold mine dan Elixir Collector. Kita cukup menyerang Gold Mine dan Elixir Collectornya saja seperti yang saya tandai dengan panah merah. Dan ini adalah hasil dalam sekali penyerangan dengan hanya menggunakan barbar dan archer saja.
hasil-serang-coc
Jangan Terlalu Cepat Upgrade TownHall
Jika anda terlalu cepat menaikkan Town Hall maka akan bertambah banyak yang harus anda upgrade, dan kerjaan builder anda akan makin menumpuk. Jika Town Hall anda tinggi sedangkan pertahanan dan pasukan anda belum di upgrade maksimal maka nanti didalam War anda akan mendapatkan tingkat TownHall yang sama, jadi kalau musuh anda dengan Town Hall yang sama tetapi mempunyai pertahanan dan pasukan yang maksimum maka Clan anda akan susah untuk mengalahkannya.
Akan lebih baik anda tidak tergesa-gesa dalam upgrade Town Hall, Upgrade semua pertahanan dan Upgrade semua pasukan anda di Lab, kalau sudah mentok semua, maka anda sudah layak menaikkan level Town Hall anda walaupun Gold Mine dan Elixir Collector belum maksimal, karena Gold dan Elixir bisa anda dapatkan dengan menyerang lawan.
Untuk sementara cukup itu saja dulu Strategi COC untuk pemula yang bisa saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya dalam main coc. Simak terus cara main coc dan berbagai tips untuk bisa memainkan coc dengan nyaman dan menyenangkan.